Selasa, 11 Maret 2014

NEW TRAINING: Pelatihan Metode Parametrik (SFA) dan Nonparametrik (DEA) untuk Pengukuran Tingkat Efisiensi Kantor Cabang

SMART Consulting, 24-25 Maret 2014

PENDAHULUAN
Data Envelopment Analysis pertama kali diperkenalkan oleh Charnes, Cooper dan Rhodes pada tahun 1978 dan 1979. Semenjak itu pendekatan dengan menggunakan DEA ini banyak digunakan di dalam riset-riset operasional dan ilmu manajemen. Pendekatan DEA ini lebih menekankan kepada pendekatan yang berorientasi kepada tugas dan lebih difokuskan kepada tugas yang penting, yaitu mengevaluasi kinerja dari unit pembuat keputusan/UPK (decisionmaking units). Semenjak tahun 1980an, pendekatan ini banyak digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dari industri perbankan secara nasional.
DEA merupakan suatu teknik program linier yang digunakan untuk mengevaluasi bagaimana suatu proses pengambilan keputusan dalam suatu unit beroperasi secara relatif dengan unit lain dalam sampel. Selanjutnya proses tersebut akan membentuk suatu garis frontier yang terbentuk dari unit-unit yang efisien yang kemudian dibandingkan dengan unit yang tidak efisien untuk menghasilkan nilai efisiensinya masing-masing.
Sedangkan dengan menggunakan metode parametrik, ada 2 pendekatan untuk menghitung efisiensi, yaitu stochastic frontier approach (SFA) dan distribution free approach (DFA) Metode SFA ini dikembangkan oleh Aigner, Lovell, Schmidt pada 1977. Pada metode ini, profit dari suatu bank dimodelkan untuk terdeviasi dari profit efficient frontier-nya akibat adanya random noise dan inefisiensi.
Karena pentingnya kedua metode riset ini khususnya dalam hal pengukuran efisiensi dan kinerja cabang, maka SMART CONSULTING di bawah naungan CV SMART CORPORA akan mengadakan pelatihan selama 2 hari dalam rangka memenuhi kebutuhan para praktisi yang hendak menggunakan metode DEA dan SFA.

MATERI TRAINING:
1.      Konsep Dasar Efisiensi
2.      Jenis Efisiensi
3.      Beberapa Metode Pengukuran Efisiensi
4.      Perbedaan SFA, DFA dan DEA
5.      Metode Parametrik dan Non-Parametrik
6.      Mengukur Aktivitas Perbankan
7.      Kelebihan dan Kekurangan beberapa Metode Pengukuran Efisiensi
8.      Efisiensi Teknis
9.      Efisiensi Alokatif
10.  Formulasi Matematis untuk DEA
11.  Minimisasi Input
12.  Maksimisasi Output
13.  Mengenal Konsep Constant Return to Scale (CRS)
14.  Konsep Variable Return to Scale (VRS)
15.  Increasing Return to Scale (IRS)
16.  Decreasing Return to Scale (DRS)
17.  Input-Oriented Measures
18.  Output-Oriented Measures
19.  Karakteristik DEA
20.  Two Stages DEA (DEA Dua tahap)
21.  Model regresi Tobit dan Probit
22.  Profit Efficiency dan Cost Efficiency untuk SFA
23.  Translog Functional Form
24.  Tahapan Riset dengan Menggunakan DEA dan SFA
25.  Penentuan DMU, Approach, Variabel input-output, Data Collection, CCR/BCC, Sintesis
26.  Materi Praktik dengan SoftwareBanxia Frontier
27.  Materi Praktik dengan SoftwareMaxDEA
28.  Materi Praktik dengan SoftwareEViews (SFA)
29.  Contoh Penelitian dengan DEA dan SFA
30.  Diskusi dan Konsultasi


PROFIL TRAINER
Aam Slamet Rusydiana, SEI (Konsultan dan peneliti pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, Penulis buku, Pembicara pada training-training metodologi di beberapa kampus negeri dan swasta, Pembicara pada seminar dan konferensi ekonomi Islam, baik nasional maupun tingkat internasional)

Abrista Devi, MEI (Konsultan pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, aktifis Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Penulis buku “Metodologi Penelitian Ekonomi Islam”, Dosen pada beberapa kampus swasta, Trainer dan pembicara metodologi penelitian)






SASARAN PESERTA

Praktisi Perbankan dan Lembaga Keuangan Lain, terutama Divisi Riset Development, dan Pemimpin Cabang;Para penentu kebijakan pada perusahaan, baik lembaga keuangan seperti perbankan maupun korporasi lain, serta kalangan akademisi: Dosen dan Peneliti.


FASILITAS
Modul Training, Software MaxDEA, Software Banxia Frontier Analyst 4.0. (demo ver), Software EViews 6.1., Buku “Introduction to Data Envelopment Analysis” by Ramanathan (hardcopy), Ebook “Mengukur Tingkat Efisiensi dengan Data Envelopment Analysis”, Ebook “An Introduction to Efficiency and Productivity Analysis”, “Handbook of Data Envelopment Analysis”, 40+ Materi-materi (Paper) penting tentang DEA& SFA, Lunch, Sertifikat.

INVESTASI

Rp 3.500.000,-/orang (sudah termasuk pajak)

  
Website: www.konsultan-smart.com
Info: 08816169315



Peserta yang telah mengikuti training2 oleh tim SMART Consulting:
- Bank BSM
- Bank BTNS
- Bank BJB
- Diskopperindag Jabar
- Universitas Trisakti
- Universitas Indonesia
- Universitas Padjajaran
- IPB
- STEI Tazkia
- STEI SEBI
- Universitas Ibn Khaldun
- UNJ
- UIN Jakarta
- Universitas Islam Bandung
- Universitas Siliwangi
- Undip
- UPI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar