Selasa, 13 Agustus 2013

IN-HOUSE TRAINING DAN KONSULTASI DEA UNTUK KORPORASI



PENDAHULUAN
Data Envelopment Analysis pertama kali diperkenalkan oleh Charnes, Cooper dan Rhodes pada tahun 1978 dan 1979. Semenjak itu pendekatan dengan menggunakan DEA ini banyak digunakan di dalam riset-riset operasional dan ilmu manajemen. Pendekatan DEA ini lebih menekankan kepada pendekatan yang berorientasi kepada tugas dan lebih difokuskan kepada tugas yang penting, yaitu mengevaluasi kinerja dari unit pembuat keputusan/UPK (decision making units). Semenjak tahun 1980an, pendekatan ini banyak digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dari industri perbankan secara nasional.
DEA merupakan suatu teknik program linier yang digunakan untuk mengevaluasi bagaimana suatu proses pengambilan keputusan dalam suatu unit beroperasi secara relatif dengan unit lain dalam sampel. Selanjutnya proses tersebut akan membentuk suatu garis frontier yang terbentuk dari unit-unit yang efisien yang kemudian dibandingkan dengan unit yang tidak efisien untuk menghasilkan nilai efisiensinya masing-masing.
Karena pentingnya metode riset ini, maka SMART CONSULTING bekerjasama dengan pihak manapun untuk mengadakan pelatihan selama 2 hari dalam rangka memenuhi kebutuhan para akademisi maupun praktisi yang hendak menggunakan metode DEA.
 
MATERI TRAINING DEA:
1.      Konsep Dasar Efisiensi
2.      Perbedaan SFA, DFA dan DEA
3.      Metode Parametrik dan Non-Parametrik
4.      Kelebihan dan Kekurangan beberapa Metode Pengukuran Efisiensi
5.      Efisiensi Teknis
6.      Efisiensi Alokatif
7.      Mengenal Konsep Constant Return to Scale (CRS)
8.      Konsep Variable Return to Scale (VRS)
9.      Input-Oriented Measures
10.  Output-Oriented Measures
11.  Karakteristik DEA
12.  Dua Model DEA
13.  Materi Praktik dengan Software
14.  Contoh Penelitian dengan DEA
15.  Diskusi dan Sharing

PROFIL TRAINER
Ascarya, Ir. MBA., M.Sc  (Peneliti Bank Indonesia pada Pusat Pendidikan Studi Kebanksentralan/PPSK, Dosen Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia, Dosen Pasca Universitas Trisakti, Pembicara Konferensi dan Forum Nasional dan Internasional Ekonomi-Keuangan Islam, menyelesaikan Master pada Pittsburg University, USA).

Aam Slamet Rusydiana, SEI (Konsultan dan peneliti pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, Penulis buku, Pembicara pada training-training metodologi di beberapa kampus negeri dan swasta, Pembicara pada seminar dan konferensi ekonomi Islam, baik nasional maupun tingkat internasional, Kandidat Master Universitas Indonesia)

Abrista Devi, MEI (Konsultan pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, aktifis Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Penulis buku, Dosen pada beberapa kampus swasta)


SASARAN PESERTA
Praktisi Perbankan dan Lembaga Keuangan Lain, terutama Divisi Riset Development, dan Pemimpin Cabang; Para penentu kebijakan pada perusahaan, baik lembaga keuangan seperti perbankan maupun korporasi lain, serta kalangan akademisi: Dosen dan Peneliti.



PENYELENGGARAAN
Durasi Waktu Training dan Konsultasi Data Envelopment Analysis (DEA) memerlukan waktu 2 (dua) hari efektif. Biaya dan Peserta Total biaya satu paket adalah Rp. 25.00.000,- (dua puluh lima juta rupiah). Transportasi dari Jakarta ke lokasi (PP), dan akomodasi 2 (dua) trainer-konsultan selama kegiatan menjadi beban penyelenggara. Jumlah maksimum peserta setiap kegiatan maksimal 20 orang. Setiap peserta akan memperoleh copy program belajar Software Data Envelopment Analysis, hand out, training kits, asesoris, dan sertifikat. Sarana-Prasarana Penyelenggara bertanggung jawab menyediakan sarana-prasarana training seperti komputer untuk setiap peserta, ruang pembelajaran dan sebagainya.

Website: www.konsultan-smart.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar