Minggu, 01 Juni 2014

EXCLUSIVE DEA TRAINING/PRIVATE (SMART CONSULTING, 19 JUNI 2014)



Training SEM (Structural Equation Modeling): Selasa, 17 Juni

Training ANP (Analytical Network Process): Rabu, 18 Juni
Training DEA (Data Envelopment Analysis): Kamis, 19 Juni



Data Envelopment Analysis Training Description

Suatu perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang komersil/bisnis maupun sosial/nirlaba perlu mengukur efisiensi untuk menilai kinerja/performa perusahaannya. Suatu perusahaan akan dikatakan efisien apabila mampu menekan cost/biaya sebagai input perusahaan seminim-minimnya dan memaksimalkan profit/keuntungan/pendapatan sebagai output perusahaan semaksimal-maksimalnya. Pada umumnya perusahaan menggunakan laporan keuangan dan rasio keuangan sebagai alat untuk mengukur kinerja perusahaan. Namun, rasio keuangan hanya menampilkan kinerja perusahaan saja namun tidak dapat memberikan informasi secara detail apa penyebab inefisiensi pada perusahaan (jika terjadi) dan apa yang perlu ditingkatkan apabila inefisiensi tersebut terjadi agar perusahaan dapat mencapai titik efisiennya.

Adalah Data Envelopment Analysis (DEA) merupakan alat manajemen untuk mengevaluasi efisiensi suatu unit bisnis yang paling popular dewasa ini. Evaluasi efisiensi tidak hanya dapat dianalisa pada satu unit bisnis saja, namun bagi beberapa unit bisnis untuk dibandingkan satu sama lain lalu diketemukan mana yang paling efisien, sehingga unit bisnis yang tidak efisien dapat merujuk pada unit bisnis yang efisien. Unit bisnis-unit bisnis yang akan dijadikan sebagai pengambilan keputusan dalam DEA disebut DMU (Decision Making Unit)/Unit Pengambilan Keputusan. Unit bisnis apapun dapat dianalisis kinerjanya dengan DEA seperti misalnya manufacturing units, departments of big organizations such as universities, school, bank branches, hospitals, power plants, police stations, tax offices, prisons, defense bases, a set of firms or even practicing individuals such as medical practitioners.
Training ini cocok bagi siapa saja yang berkepentingan untuk mengukur efisiensi (kinerja) perusahaan, unit bisnis, organisasi agar mendapatkan gambaran bagaimana kondisi perusahaan saat ini, apakah sudah efisien atau belum. Jika belum efisien apa yang perlu dilakukan oleh perusahaan agar mencapai titik efisien. Oleh karenanya training ini sangat cocok bagi para direktif, pengambil keputusan, manajemen suatu organisasi/perusahaan, pelaku industri, pengusaha dan mereka yang berkepentingan.

MATERI PRIVATE DEA:
1.    Konsep Dasar Efisiensi
2.    JenisEfisiensi
3.    BeberapaMetodePengukuranEfisiensi
4.    Perbedaan SFA, DFA dan DEA
5.    Metode Parametrik dan Non-Parametrik
6.    MengukurAktivitasPerbankan
7.    Kelebihan dan Kekurangan beberapa Metode Pengukuran Efisiensi
8.    DEA Single Input and Single Output
9.    DEA Single Output and Two Inputs
10. Efisiensi Teknis
11. Efisiensi Alokatif
12. FormulasiMatematisuntuk DEA
13. Minimisasi Input
14. Maksimisasi Output
15. Fractional DEA Program
16. Primal-Dual DEA Models
17. Mengenal Konsep Constant Return to Scale (CRS)
18. Konsep Variable Return to Scale (VRS)
19. Increasing Return to Scale (IRS)
20. Decreasing Return to Scale (DRS)
21. Input-Oriented Measures
22. Output-Oriented Measures
23. Karakteristik DEA
24. Dua Model DEA
25. Two Stages DEA (DEA Duatahap)
26. TahapanRisetdenganMenggunakan DEA
27. Penentuan DMU, Approach, Variabel input-output, Data Collection, CCR/BCC, Sintesis
28. Materi Praktik dengan Software
29. Contoh Penelitian dengan DEA
30. Diskusi dan Konsultasi

Benefit
Metodologi DEA dapat digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja suatu unit bisnis/organisasi/perusahaan. Evaluasi kinerja dilakukan dengan menilai efisiensi setiap unit bisnis lalu membandingkan dengan unit bisnis lainnya sehingga unit bisnis yang tidak efisien dapat merujuk pada unit bisnis yang efisien. Metodologi DEA juga dapat memberikan informasi dan rekomendasi bagi unit bisnis yang tidak efisien terkait tentang input yang perlu dikurangi dan/atau output yang perlu ditambah agar efisien.


INSTRUKTUR

Aam Slamet Rusydiana, SEI (Konsultan dan peneliti pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, Penulis buku, Pembicara pada training-training metodologi di beberapa kampus negeri dan swasta, Berpengalaman membantu riset-riset pada lembaga riset nasional, Pembicara pada seminar dan konferensi ekonomi Islam)
Abrista Devi, MEI (Konsultan pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, aktifis Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Penulis buku “Metodologi Penelitian Ekonomi Islam”, Dosen pada beberapa kampus, Trainer dan pembicara metodologi penelitian)



Sasaran Peserta
Direksi Perusahaan/Industri, manajer dan para pejabat terkait, CEO, CFO, CMO, CCO, Praktisi perbankan dan lembaga keuangan lain, pemimpin cabang, Divisi riset dan development, dosen, pengusaha, mahasiswa, dan mereka yang tertarik dalam menilai kinerja suatu unit organisasi, dll. 


INVESTASI
Biaya untuk tiap training Rp 1.500.000,-. Jika mengikuti seluruh training (3 metode dalam 3 hari), biaya menjadi hanya Rp 4.000.000,-.
  
INFO & PENDAFTARAN
08816169315



Tidak ada komentar:

Posting Komentar