Selasa, 01 Maret 2016

Rumus Produktivitas

Produktivitas adalah ujian pertama kemampuan manajemen. (Peter F. Drucker, penulis buku Management by Objective). Istilah produktivitas (productivity) sudah muncul tahun 1766 dari artikelnya Francois Quesnay, ekonom Perancis. Produktivitas kemudian menjadi sebuah konsep output dengan input yang pertama kali dicetuskan oleh David Ricardo dan Adam Smith pada tahun 1810. Inti konsepnya adalah bagaimana output akan berubah jika bersama input berubah.

Secara sederhana produktivitas merupakan rasio output dengan input. Di industri manufaktur output bisa berupa produk hasil aktivitas manufaktur, sedangkan input bisa berupa seluruh sumber daya yang digunakan. Tujuan utama industri manufaktur adalah peningkatan produktivitas.

Terdapat suatu keyakinan bahwa peningkatan produktivitas akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan ekonomi. 

Produktivitas adalah rasio output per input. Jika output berupa unit yang dihasilkan oleh aktivitas manufaktur dan semua input yang diperlukan dikonversikan dalam unit satuan moneter (rupiah), maka:
Description: produktivitas-rumus1
Dengan formulasi di atas, peningkatan produktivitas akan terjadi bilamana output berhasil naik (bertambah besar) atau tetap dan di sisi lain input dalam hal ini bisa lebih ditekan lagi seminimal mungkin. Dengan demikian arah kurva P akan cenderung naik seperti yang ditunjukkan dalam Gambar 1a.
Naiknya produktivitas (Unit/Rp) ternyata membawa konsekuensi terhadap penurunan biaya produksi per unitnya (Rp/Unit). Formula Ci = 1/Pisehingga:
Description: produktivitas-rumus2
Berdasarkan formulasi di atas, maka arah kurva C akan cenderung turun jika produktivitas bisa dinaikkan seperti yang ditunjukkan dalam Gambar 1b. Dampak akibat kenaikan produktivitas menyebabkan penurunan biaya per unitnya akan mampu meningkatkan daya saing  output yang dihasilkan oleh industri.
Produktivitas tidak sama dengan produksi, tetapi produksi, performansi kualitas, hasil-hasil, merupakan komponen dari usaha produktivitas. Dengan demikian, produktivitas merupakan suatu kombinasi dari efektivitas dan efisiensi. Secara umum produktivitas dapat dinyatakan sebagai rasio antara  output terhadap input, atau rasio hasil yang diperoleh terhadap sumber daya yang digunakan:
Description: produktivitas-rumus3
Jika dalam rasio itu input yang dipakai untuk menghasilkan ouputdihitung seluruhnya maka disebut produktivitas total. Rumus yang digunakan untuk menghitung produktivitas total sebagai berikut:
Description: produktivitas-rumus4
Produktivitas total digunakan untuk mengukur perubahan efisiensi dari kegiatan operasi. Untuk mengukur perubahan produktivitas total dalam suatu periode waktu, semua faktor yang berkaitan dengan kuantitas output dan inputyang dipakai selama periode tadi diperhitungkan.
Jika yang dihitung sebagai input hanya komponen tertentu saja maka disebut produktivitas parsial. Rumus yang digunakan sebagai berikut:

Produktivitas parsial (misalnya tenaga kerja)
Description: produktivitas-rumus5
atau
Description: produktivitas-rumus6
Menurut Dewan Produktivitas Nasional RI tahun 1983, peningkatan produktivitas dapat dilihat dalam tiga bentuk:

jumlah output dalam mencapai tujuan meningkat dengan menggunakan sumber daya yang sama, jumlah output dalam mencapai tujuan sama atau meningkat dicapai dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit, dan jumlah output dalam mencapai tujuan yang jauh lebih besar diperoleh dengan pertambahan sumber daya yang relatif lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar